Cara Mengetahui Foto Asli atau Palsu/Editan Menggunakan System Properties Windows 7/Windows Xp

Sekarang ini sudah banyak sekali foto-foto yang beredar di internet, terutama di jejaring sosial. Mungkin di antara teman-teman disini ada yang pernah dipameri foto oleh teman, entah itu foto sama seseorang atau foto di tempat-tempat istimewa, bahkan foto temen atau pacar yang mungkin beda dari sebelumnya. Kalian pasti bertanya-tanya, ini fotonya asli atau palsu ya? Editan kah?. Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips untuk mengetahui apakah foto itu asli atau palsu.

Secara umum ada 3 kategori foto. Pertama Foto asli, yaitu foto yang benar-benar di ambil dari jepretan kamera, entah itu kamera digital atau ponsel. Kedua, Foto asli namun sudah di edit maksudnya disini foto yang udah crop atau di potong sehingga merubah ukurannya. Ketiga, Foto yang sepenuhnya sudah di modifikasi atau di manipulasi dengan Photoshop atau pengolah grafis lainnya.

Tips atau cara yang saya bagikan untuk mengetahui foto asli atau palsu ini menggunakan System Properties pada windows yang ada di komputer kalian. Dengan cara ini kalian bisa tahu karena apabila foto itu asli meta data pada propertiesnya masih lengkap mulai dari ukuran, tanggal di ambil, jenis perangkat, dll. Namun apabila fotonya palsu meta datanya sudah tidak lengkap lagi. Tapi bagi mereka yang ahli data tersebut bisa di manipulasi juga. Untuk pembuktian 100% asli/palsu perlu analisa grafis lebih lanjut. Disini saya hanya berbagi tips ringan bagi kalian yang di jahili atau sekedar pengen tahu foto teman kalian yang upload atau di share itu asli atau tidak.

Ok, simak baik-baik cara untuk mengetahui foto asli atau palsu/editan tersebut:

1. Untuk pengguna Windows Xp, Cari gambar atau foto yang akan di check. Apabila kalian ingin melihat gambar yang ada di internet, kalian save terlebih dahulu.
2. Klik kanan pada file gambar tersebut --> klik Properties.
3. Pada kotak dialog properties yang muncul Pilih tab Summary kemudian klik tombol Advanced.




4. Apabila foto itu asli, data di dalamnya masih lengkap. Lihat pada contoh di bawah ini.



5. Untuk pengguna windows 7 caranya juga sama yaitu klik kanan pada foto --> Properties. Pada dialog properties klik Detail.



Kalau foto itu palsu atau sudah diedit hasil yang ada di properties tidak selengkap seperti foto asli dan hanya menampilkan ukuran, resolusi dll. Seperti contoh di bawah ini.



Itulah sedikit tips ringan Cara Mengetahui Foto Asli atau Palsu/Editan Menggunakan System Properties Windows 7/Windows Xp. Untuk pembuktian 100% perlu di lakukan analisa grafis lebih lanjut. Tapi setidaknya cara tersebut membantu kalian untuk mengetahui foto teman kalian itu asli atau tidak secara mendasar.

0 Response to "Cara Mengetahui Foto Asli atau Palsu/Editan Menggunakan System Properties Windows 7/Windows Xp"