Pengertian Jaringan Komputer

Seperti pada judul, disini saya akan menjelaskan pengertian, tujuan, keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer. Ok, kita mulai penjelasannya. Jaringan komputer adalah sistem operasi yang terdiri dari beberapa komputer dengan sebuah server sehingga di mungkinkan untuk melakukan sharing data maupun penggunaan harware tertentu secara bersama-sama.

Tujuan dari jaringan komputer


  1. Dengan adanya Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Salah satunya penggunaan printer tunggal secara bersama-sama. Lebih efisien daripada terpasang 1 di tiap komputer tapi kualitasnya buruk.
  2. Jaringan membantu mempertahankan informasi dengan penyimpanan data terpusat. Dengan terpusat lebih mudah membuat backup datanya.
  3. Memungkinkan berkomunikasi dengan lebih efisien dalam satu area.
  4. Mempercepat dalam proses data. Sehingga kita gak repot-repot buat cabut colok flashdisk buat transfer data.


Keuntungan Jaringan Komputer

keuntungan yang pasti sudah kita rasakan adalah internet yang menghubungkan semua komputer di dunia tanpa batas dan memberikan informasi dari tempat yang jauh dan tentunya dari komputer yang terhubung ke internet. Berikut ini keuntungan tambahan lainya, diantaranya :

  1. Resource Sharing, bisa menggunakan data atau informasi secara bersamaan biarpun dari tempat yang jauh dari database atau servernya.
  2. Reliabilitas tinggi, yang di maksudkan di sini adalah membuat copy'an data ke komputer lain dalam 1 jaringan sehinga ketika salah satu file hilang atau rusak masih memiliki cadangannya.
  3. Hardware sharing, dengan adanya jaringan memudahkan kita untuk berbagi hardware seperti printer. Lebih hemat biaya.
  4. Pengaturan dan Keamanan data lebih baik. Karena memudahkan server untuk mengelola data terpusat daripada yang terpisah-pisah.


Kerugian jaringan komputer

Diantara keuntungan-keuntungan yang kita dapatkan dari jaringan komputer ini pastinya juga ada kerugian yang ditimbulkannya. Kerugian itu diantaranya:

  1. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun jaringan tersebut. Karena harus membeli hardware maupun software yang dibutuhkan.
  2. Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem yang harus di lakukan oleh orang yang profesional di bidang ini.
  3. Bocornya file ke tangan orang lain yang tak kita inginkan ketika melakukan sharing file.
  4. Menyebarnya file-file yang tak kita duga dapat merusak komputer.


nah itulah sedikit penjelasan tentang pengertian jaringan komputer. Maaf apabila terlalu singkat. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer"