Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi

Semua pasti sudah pada tahu kan apa itu komputer?. Di era modern seperti saat ini, komputer bukan lagi barang mewah melainkan sudah menjadi kebutuhan terutama bagi kaum pelajar maupun pegawai kantoran. Selain karena kecanggihannya juga karena fiturnya yang membantu meringankan pekerjaan terutama dalam penghitungan.

Komputer dalam arti luas dapat di definisikan sebagai satuan komponen elektronik seperti Monitor, CPU, Mouse, dan Keyboard yang bersinergi atau bekerja sama untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan perintah dan program data yang ada.

Komputer yang sekarang ini kita lihat memang kecil namun memiliki fitur dan kemampuan yang sudah canggih jauh berkembang dari generasi sebelumnya. Sejarah komputer itu sendiri terbagi dalam 5 generasi diantaranya :

Komputer Generasi Pertama
Secara garis besar komputer generasi pertama di buat dengan karakteristik intruksi operasi secara spesifik untuk tugas tertentu salah satunya memecah kode rahasia dan perhitungan dalam perang dunia saat itu. Komputer di era ini masih berukuran sangat besar sekitar setengah ukuran lapangan bola dengan komponen Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, dan mengkonsumsi daya 160 kW. Memiliki kerja yang lambat dan tidak fleksibel. Pada era ini juga CPU mulai di gagas oleh arsitektur von Neumann

Komputer Generasi Kedua
Mulai muncul transistor sebagai pengganti tabung vakum. memori inti magnetik mulai di buat untuk membantu pengembangan komputer generasi kedua agar lebih kecil,cepat, hemat energi, dan dapat di andalkan. Pada generasi ini juga bahasa pemrogram seperti COBOL dan FORTRAN mulai di gunakan.

Komputer Generasi Ketiga
Fungsi transistor mulai di gantikan oleh sirkuit terintegrasi (IC) karena efek panas yang di hasilkannya dapat merusak bagian internal komputer. Pada generasi ketiga ini ukuran komputer jauh lebih kecil karena banyak komponen berhasil di padatkan dalam sebuah chip kecil. Pada generasi ini juga mulai di gunakannya Operating System (OS) untuk menjalankan program secara bersamaan.

Komputer Generasi Keempat
Mulai di tekankan pada pengembangan IC hingga muncul Large Scal Integration (LSI) Very Large Scale Integration (VLSI), dan Ultra-Large Scale Integratio (ULSI) yang menampung jutaan komponen. Sehingga ukuran komputer semakin kecil. Generasi keempat inilah yang berkembang sampai saat ini dengan di kenalkannya Personal Computer (PC) hingga laptop yang kita kenal sekarang ini.

Komputer Generasi Kelima
Generasi ini masih sulit untuk di definisikan karena pengembangannya masih jauh dari realisasi. Contoh utama generasi ini adalah pengembangan kecerdasan buatan ( AI : Artificial Intellegence).

Sekian artikel tentang Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi. Semoga bermanfaat buat kalian.

0 Response to "Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi"