Mengenal Harddisk Dan Komponennya

Seperti yang kita ketahui, harddisk di gunakan sebagai media penyimpanan data yang besar. Sebelumnya, kita mengenal disket sebagai media penyimpanan. Namun fungsinya dirasa kurang karena tidak dapat menyimpan lebih dari 1 program aplikasi. Dengan adanya harddisk ini sangat membantu terutama bagi instansi atau organisasi yang pastinya sangat membutuhkan media penyimpan yang besar untuk menyimpan data yang banyak.

Didalam harddisk, data di simpan dalam piringan konsentris atau di kenal dengan nama Platter. Untuk melakukan operasi dari dan ke piringan. Di gunakanlah head yang akan mencari sektor-sektor di dalam platter yang di tuju untuk di lakukan operasi.



Komponen Dalam Harddisk
Platter (piringan logam), Merupakan tempat untuk menyimpan data. Platter di beri lapisan bahan magnetis salah satunya thin film yang sangat tipis dengan ketebalan dalam orde persejuta inchi.

Head (kumparan), Di gunakan dalam proses baca tulis dari dan ke piringan (platter). Di dalam harddisk bisa terdapat 4 head untuk 2 piringan (platter).

PCB ((Printed Circuit Board), Sebagai rangkaian elektronik yang terdiri dari rangkaian penguat pembaca, DSP (Digital Signal Processor), Chip Memory, Konektor, Spindle dan actuator arm motor controller.

Motor, Berfungsi untuk memutar platter. Motor di dalam harddisk memiliki bunyi yang khas ketika komputer dinyalakan. Apabila motor memiliki bunyi seperti tidak biasanya, bisa jadi motor tidak bekerja sebagai mana mestinya atau tidak baik.

Dari penjelasan artikel di atas, kita bisa sedikit Mengenal Harddisk Dan Komponennya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.

0 Response to "Mengenal Harddisk Dan Komponennya"