Pegertian dan Fungsi Harddisk Pada Komputer

Diera modern seperti sekarang ini, komputer atau laptop memegang peranan yang sangant penting untuk membantu mempermudah pekerjaan. khususnya bagi meraka yang kesehariannya harus menulis banyak tugas atau laporan. sebelum adanya komputer kita sering menulis langsung tugas atau laporan tersebut langsung kedalam kertas, sehingga ketika kita sedang refisi dan menemukan kesalahan sering kali kita harus membuangnya. namun dengan adanya komputer seperti sekarang, hal tersebut dapat diminimalisir, karena hasil ketikan tugas atau laporan tersebut yang ada dalam komputer masih berupa file. sehingga kita bisa memudahkan untuk merifisnya dan mengganti yang salah. dan tetntunya kita dapat menyimpan file tersebut sebelum mencetaknya kedalam kertas. dan bahkan kita bisa memiliki cadangan dari file yang sudah kita cetak karena masih tersimpan di dalam Harddisk komputer.

Selain berfungsi sebagai media penyimpanan. harddisk sangat berperan penting dalam kelangsungan komputer. karena semua hal yang berhubungan dengan software baik itu operating sytem atau file lainnya secara keseluruhan tersimpan di dalamnya. sehingga jika harddisk tersebut bermasalah, maka dapat berdampak pada komputer tersebut seperti komputer menjadi lambat atau error. 

Harddisk, Harddisk komputer, harddisk laptop
Harddisk komputer
Setelah kalian tahu bahwa Harddisk memiliki peran penting sudah seharusnya kalian memeliharanya dengan baik atau bahkan jika perlu kalian tahu seluk beluk dari harddisk seperti komponen harddisk dan fungsinya. Bagi kalian yang belum tahu tentang apa itu Harddisk?. berikut ini akan di jelaskan tentang pengertian dan fungsi dari Harddisk.

Pengertian Harddisk

Harddisk merupakan perangkat Hardware yang bekerja secara sistematis sebagai media penyimpanan sekunder dari data yang sudah di olah oleh CPU komputer. Data-data yang ada akan tersimpan kedalam sebuah piringan atau lebih di kenal sebagai Platter yang dimana didalamnya terbagi atas beberapa sektor. Data tersebut bersifat permanen dan tidak akan terhapus ketika komputer di matikan kecuali di hapus oleh user komputer tersebut. Harddisk sendiri di desain untuk penyimpanan data berkapasitas besar yang tidak memungkinkan untuk di simpan dalam sebuah disket.

Fungsi Harddisk 

Pada dasarnya fungsi utama harddisk adalah sebagai media penyimpanan data dari hasil pemprosesan suatu perintah pada perangkat komputer. Setiap data yang di simpan akan di letakkan didalam sektor-sektor ang terdiri dari direktori, subdirektori, folder dan subfolder. 

sekian ulasan tentang pengertian dan fungsi dari harddisk. mohon maaf apabila ada kekurangan. semoga bermanfaat.

0 Response to "Pegertian dan Fungsi Harddisk Pada Komputer"